Forum tentang Teknologi Informasi & Jaringan Komputer
 
IndeksportalCalendarFAQPencarianPendaftaranLogin

Share | 
 

 Mengenal apa itu OSI 7 Layer

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
ghon



Jumlah posting : 17
Join date : 31.03.10
Age : 26

PostSubyek: Mengenal apa itu OSI 7 Layer   Thu Apr 01, 2010 12:08 am

Tahun 80-an, kata network tidak akan memberikan bayangan akan PC LANs, dan tentunya bukan enterprise wide network (WAN). Orang- orang yang bekerja dibidang telekomunikasi hanya membayangkan network sebagai jaringan telepon. Orang- orang yang bekerja dibidang data communications, kata itu berarti sebuah jaringan antara terminal dan host (mainframe system).
Sekarang, LAN mewakili sekelompok komputer yang terkoneksi satu dengan lainnya yang share aplikasi, data dan peralatan. Sedangkan WAN adalah sekelompok LAN yang terinterkoneksi satu dengan yang lainnya melalui jaringan telepon, satelit, atau media lainnya.

Sepuluh tahun yang lalu atau lebih, arsitektur system komputer yang standar adalah terdiri dari 3 tingkatan, yang paling atas adalah mainframe, lalu minicomputer dan terakhir adalah PC LAN. Mainframe digunakan untuk data- data penting perusahaan seperti accounting, payroll dan inventory. Minicomputer digunakan (beberapa terkoneksi ke mainframe) untuk aplikasi departemen seperti manufacturing, invoicing, dan aplikasi departemen lainnya. Dan PC LAN digunakan untuk aplikasi office automation seperti word processor dan spreadsheets. PC dan PC LAN ada yang terhubung langsung ke minicomputer tetapi tidak ke mainframe.

Kemudian arsitektur 3 susun ini beralih ke 2 susun dimana sekarang baik minicomputer maupun PC LAN langsung dihubungkan ke mainframe tetapi aplikasi yang mission critical atau penting dijalankan di mainframe.

Arsitektur 2 susun itupun menjadi rata sehingga 1 susun saja dimana PC LAN telah memperoleh peranan yang lebih tinggi lagi. Arsitektur komputasi sekarang adalah transisi dari host-based ke distributed. Arsitektur komputasi masa depan adalah client/server atau distributed. Dengan arsitektur ini data dan aplikasi tidak terintegrasi di mainframe lagi tapi didistribusikan diseluruh system termasuk PC LAN server.

Beberapa klasifikasi network:
Departmental networks, dipergunakan oleh sekelompok kecil yang bekerja dengan satu tujuan yang sama. Tujuan utama departemen adalah untuk men-share local resources, seperti applications, data, laser printer dan modems.
Campus network yang menghubungkan beberapa departemental LANs dalam sebuah gedung atau kampus sebuah perusahaan.
Enterprise networks menghubungkan komputer- komputer diseluruh lokasi dari satu perusahaan tertentu. Mereka bisa meliputi sebuah kota, pulau atau benua.
Global network meliputi semua departemen, campus, branch offices dan subsidiaries dari sebuah perusahaan.

OSI Model

Open System Interconnection (OSI) merupakan sebuah model untuk komunikasi komputer yang terdiri dari 7 layer atau lapisan (OSI 7 layer). Sebelum adanya OSI yang merupakan standar internasional ini, setiap perusahaan komputer seperti IBM dan DEC mempunyai arsitektur masing- masing sehingga produk yang dihasilkan mereka tidak bisa saling inter-operasi
Kembali Ke Atas Go down
 
Mengenal apa itu OSI 7 Layer
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» ---Tangs---
» Bravely Second End Layer Discussion.

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Teknologi Informasi & Jaringan Komputer :: KOMPUTER :: jaringan-
Navigasi: